Pengaruh Kenampakan alam

A. Peristiwa Alam dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan

Contoh-contoh peristiwa alam yang disebabkan oleh faktor alam dan yang pernah dialamioleh masyarakat di Indonesia antara lain:
1.Gempa Bumi
Adalah gerakan atau goncangan lapisan permukaan bumi. Gempa bumi yang disebabkanaktivitas gunung api disebut gempa vulkanik. Sedangkan gempa bumi yang disebabkanoleh aktivitas lempeng tektonik disebut gempa tektonik. Daerah yang terkena gempa bumi akan berakibat:
  • Rumah dan bangunan hancur
  • Banyak korban jiwa yang disebabkan oleh tertimpa reruntyhan bangunan.
2.Banjir
Adalah air dalam jumlah banyak yang mengalir cukup deras. Penyebab banjir diantaranyahujan yang deras atau mencairnya salju di daerah pegunungan, kerusakan bendungan dangempa bumi. Banjir akan menyebabkan kerusakkan bangunan dan rumah, kerusakkanlahan pertanian, kerusakan perkebunan dan korban jiwa, serta muncul berbagai macam penyakit (diare, disentri, kulit).
3.Letusan Gunung Api
Gunung api adalah gunung yang mengeluarkan cairan yang sangat panas yang berada didalam bumi. Cairan panas yang berada di dalam bumi disebut magma. Jika gunung apimeletus akan mengeluarkan antara lain:
  • Batu padat yang besar-besar
  • Batu kecil (kerikil)
  • Cairan panas atau lahar
  • Abu halusAkibat yang ditimbulkan oleh letusan gunung api antara lain:
  • Adanya gempa bumi (gempa vulkanik)
  • Banyak tanaman yang mati karena terkena lahar
  • Menyebabkan korban jiwa
  • Timbul penyakit pernapasan disebabkan oleh debu
4.Angin topan atau angin ribut
Angin tersebut terjadi pada saat pergantian musim. Angin topan yang besar dapatmendatangkan hujan yang deras. Apabila angin topan bertiup air laut, maka dapatmenimbulkan gelombang besar dan badai yang dahsyat. Selain itu, angin topan juga mengakibatkan kerusakan berbagai jenis bangunan, tanaman, bahkan korban jiwa.
5.Gelombang tsunami Adalah pasang air laut yang disebabkan gempa bumi. Gelombang pasang ini dapatmenimbulkan kerusakan yang cukup parah bagi masyarakat yang tinggal di daerah pantai. Rumah dapat hanyut disapu oleh gelombang tsunami.
B.Perilak uMasyarakat dan Peristiwa Alam
Beberapa perilaku anggota masyarakat yang mempengaruhi peristiwa alamsebagai berikut.
1.Menebang hutan secara liar
Menebang pohon di hutan secara liar dapat menimbulkan kerusakan hutan. Hutanmenjadi gundul dan gersang sehingga tidak dapat lagi menahan air hujan, makaakan mendatangkan bahaya dan bencana.
2.Membuang sampah sembarangan
Sampah atau limbah adalah barang-barang buangan atau sisa-sisa yang dihasilkanrumah tangga maupun industri, misalnya kertas bekas pembungkus, botol, plastik,cairan sisa pengolahan industri. Membuang sampah sembarangan akanmengakibatkan polusi atau pencemaran udara dan pencemaran air. Jikamembuang sampah di sungai akan mengakibatkan banjir, masyarakat kekurangansumber air bersih.
3.Ladang berpindah
 Ladang berpindah merupakan proses membuka lahan dengan cara membakar hutan. Setelah dibakar, kemudian lahan tersebut ditanami tanaman pangan.Dengan membakar hutan akan berakibat kebakaran hutan yang lebat, asapmengganggu kehidupan masyarakat sekitar bahkan negara tetangga.